Tips mencari drybox kamera

Ada 2 genre:

  • Drybox manual. Kotak kedap udara, pengering menggunakan silica gel. Kalau silica gel nya sudah jenuh,  perlu direfresh. Saya pakai silica gel butiran, jadi kalau sudah jenuh tinggal dioven saja. Ada yang jual silica gel sepaket dengan kotak pemanasnya, jadi kalau jenuh kotak pemanas itu tinggal dicolok ke jala-jala listrik.

    Contoh drybox model begini: http://www.oktagon.co.id/product/bag-case/hard-case/wonderful-dry-box-ad3226 . Di Bandung bisa dicari antara lain di Jonas, Kamal, toko-toko kamera di BEC, Ace Hardware. Kalau mau cari di toko online bisa coba di beberapa toko seperti: http://oktagon.co.id, http://focusnusantara.co.id, http://jpckemang.com

    Silica gel kiloan bisa dibeli di Brataco. Silica gel yang sepaket dengan pemanas mustinya dijual juga di toko-toko tersebut.
  • Drybox otomatis. Kotak kedap udara dengan pengering listrik. Praktis, tinggal colok ke listrik langsung kering. Contoh: http://www.oktagon.co.id/product/bag-case/hard-case/wonderful-dry-cab-ad040c-38lt . Tempat belinya sama juga seperti drybox yang manual.

 

Keuntungan dan kerugian masing-masing:

  • Drybox manual: murah, namun agak repot karena perlu secara rutin merefresh silica gel terutama kalau kotaknya sering dibuka.
  • Drybox otomatis: praktis tinggal colok listrik langsung beres, namun harganya agak mahal.

Comments

alternatif lain: pakai kotak

alternatif lain: pakai kotak kedap udara, kemudian pakai pengering merek Bagus. Ini menggunakan CaCl2 sebagai penyerap air.

Gan,, mau tanya,,,

Gan,, mau tanya,,, keuntungannya apa gan dari kedua jenis dry box diatas??? terus kalau disuruh milih mending pilih yang mana gan??? tks..

Keuntungan dan kerugian

Keuntungan dan kerugian masing-masing:

* Drybox manual: murah, namun agak repot karena perlu secara rutin merefresh silica gel terutama kalau kotaknya sering dibuka.
* Drybox otomatis: praktis tinggal colok listrik langsung beres, namun harganya agak mahal.

Kalau punya duit mending yang otomatis dong :)